WORKSHOP PEMBUATAN BAHAN AJAR DAN SOAL UJIAN BERBASIS IT DI SMK
NEGERI 1 TEMBARAK TEMANGGUNG
Perkembangan penggunaan teknologi Informasi telah merambah semua bidang, termasuk bidang pendidikan. Saat ini sudah lazim apabila sekoalah-sekolah, baik SD, SMP maupun SMA telah mempunyai website yang bagus untuk mempromosikan profil dan kegiatan sekolah. Bahkansekolah-sekolah sudah mulai membangun sistem e-learning supaya interaksi siswa dengan guru tak hanya dapat dilakukan di sekolah melainkan juga dari rumah. Guru-guru saat ini dituntut untuk menguasai teknologi informasi, baik sebagai sarana pembelajaran, maupun menyampaikan pembelajaran kepada siswanya.
Institut Sains & Teknologoi AKPRIND Yogyakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi Terkemuka di bidang Sains dan Teknologi khususnya Program Studi Teknik Informatika diundang untuk mengadakan kegiatan yang dapat membantu guru-guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi terutama dalam pembuatan bahan ajar dan dokumentasi soal-soal ujian dalam berbagai bentuk soal. Pada tanggal 7Desember 2018 telah dilakukan workshop Pembuatan Bahan Ajar dan Soal Ujian Berbasis Teknologi Informasi yaitu menggunakan software Videoscribe, Camtasia dan Quiz Creator di SMK Negeri 1 Tembarak Temanggung Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 40 orang guru yang mengikuti kegiatan workshops dengan bersemangat.
Dosen Teknik Informatika yang memberikan materi pada kegiatan workshop tersebut adalah Dr. Edhy Sutanta S.T., M.Kom yang memberikan materi Pembuatan bahan ajar berbasis video menggunakan Videosribe, Muhammad Sholeh S.T., M.T memberikan materi Pembuatan Bahan Ajar berbasis Animasi menggunakan Camtasia dan Erna Kumalasari Nurnawati S.T.,M.T., memberikan materi pembuatan soal dan pengelolaan bank soal dengan menggunakan Wondershare Quiz Creator.
Kegiatan ini disambut dengan sangat antusias oleh guru-guru di SMK Negeri 1 Tembarak Temanggung. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat(PKM)yang rutin diselenggaran oleh dosen-dosen di lingkungan IST AKPRIND Yogyakarta sebagai bentuk sumbangan transfer ilmu kepada masyarakat sesuai semboyan instut, yaitu Jnana Dharma, yang berarti Ilmu untuk Diabdikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here