Penelitian dosen Informatika – IST AKPRINDTingkatkan potensi UKM dalam promosi di media sosial

Penelitian dosen Informatika – IST AKPRINDTingkatkan potensi UKM dalam promosi di media sosial

Tugas  seorang dosen tidak hanya memberikan perkuliahan tetapi juga harus melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Tugas ini selalu menjadi komitmen para dosen di prodi Informatika-Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Pada tahun 2020, salah satu dosen Informatika – IST AKPRIND, Muhamamd Sholeh,ST,MT dengan anggota penelitian Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaniungsih,ST,MT  dan Erma Susanti ,S.Kom.MCs  mendapatkan hibah penelitian dari   Deputi Bidang Penguatan Riset Dan Pengembangan  Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional.  Dengan adanya penelitian ini dosen Informatika tidak hanya aktif dalam  mengajar tetapi juga mampu mengimplementasikan ilmu dengan melakukan penelitian yang diharapkan berguna pada masyarakat.

Alhamdulillah, tahun 2020, tim penelitian kami kembali mendapatkan kepercayaan dari Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan  Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset Dan Inovasi Nasional Untuk melakukan penelitian, tema penelitian adalah Analisis Basis Data dan Pengembangan Aplikasi E-UMKM : Market Place Clustering Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Bantul, penelitian ini merupakan penelitian lanjutan yang sebelumnya dijalankan pada tahun 2019. Keberlanjutan dari penelitian tetap akan dilakukan, diantaranya memberikan pendampingan pada kelompok-kelompok UKM seperti pelatihan pada kelompok usaha bersama KUB Lumintu yang ada di desa Tamantirto, paguyuban Laras Manunggal di  di Sedayu.   papar Muhammad Sholeh di ruang kerja  kampus IST AKPRIND Yogyakarta

 Kami melakukan penelitian dengan melibatkan 45 pelaku UKM yang ada di kabupaten Bantul, para pelaku UKM tersebut kami buatkan video promosi dan  tentunya kami juga memberikan pendampingan pada pelaku UKM agar mereka dapat melakukan promosi di media sosial dan website yang kami kembangkan. Luaran dari penelitian ini diantaranya video promosi yang kami unggah di bit.ly/ukmbantul serta website ukmbantul.com. Di samping itu, tim peneliti juga menghasilkan publikasi-publikasi ilmiah yang sudah dipublikasikan diantaranya di seminar internasional    : the sixth International Conference on Technology and Vocational Teachers  (ICTVT) in 2020  , Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul “Design and Implementation of Graft Database on MSME Information  System using Neo4j)” , seminar internasional 2nd UPY International Conference on Applied Science and Education 2020  (judul : “Black Box Testing On Ukmbantul.Com Page With Boundary Value Analysis And Equivalence”, dan seminar nasional Seminar Multimedia & Artificial Intelligence (SMAI) – 2020, Universitas Mercu Buana Yogyakarta  dengan judul “Pengujian White Box Pada Laman Ukmbantul.com  dengan Menggunakan Teknik Basis Path”.

Di samping pada forum seminar, publikasi juga dipublikasikan pada jurnal ilmiah seperti pada  jurnal   Teknologi Infomasi dan Terapan (J-TIT). Edisi Volume 7 Nomor 1 tahun 2020 dengan judul  “Pemodelan Basis data Graph dengan Neo4j (Studi Kasus : Basis Data Sistem Informasi Penjualan pada UMKM)”, jurnal pengabdian pada masyarakat Selaparang Volume 4, Nomor 1, November 2020 dengan judul  “Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM” , serta hak kekayaan intelektual untuk karya cipta program komputer dan basis data, tambah Sholeh. Tim peneliti lain, Rr. Yuliana Rachmawati K,ST,MT menambahkan, penelitian ini merupakan implementasi dari kegiatan kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Bantul. Kerja sama antara IST AKPRIND dengan Dinas Kominfo Bantul sudah berjalan cukup lama, banyak aktivitas yang sudah dilakukan seperti pelatihan teknologi informasi baik untuk masyarakat yang tergabung dalam kelompok informasi masyarakat atau pada pelaku UKM. Ke depan kerja sama ini akan tetap dijalankan sebagai kemitraan antara perguruan tinggi dengan kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *