(Senin, 25 November 2019) HUMANIKA – Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta menyelenggarakan acara (LKIR-VI) Lomba Karya Ilmiah  Remaja VI Informatika Nasional dengan tema “Karya Kreatif dan Inovatif Dalam Revolusi Industri 4.0” Acara ini dilaksanakan di Auditorium Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, acara ini diikuti oleh Siswa SMA/SMK sederjat di seluruh Indonesia, namun yang hadir di tanggal 25 November kemarin hanya finalis yang lolos masuk 14 Besar saja, acara Lomba karya ilmiah informatika nasional yang ke-6 ini dibuka pada pukul 08.00 WIB dengan doa, dan sebagai bentuk hiburan diawal pembukaan dari Himpunan Mahasiswa Cilacap Yogyakarta yang menampilkan Tarian GAMBYONG PARAENOM dari Sanggar Nggepok. Tari Gambyong adalah salah satu tari Tradisional yang berasal dari daerah Surakarta, Jawa Tengah. Pada awalnya tarian ini hanyalah sebuah tarian jalanan atau tarian rakyat. Tari ini dipertunjukan pada saat upacara panen dan hendak akan menanam padi.

Setelah dihibur dengan taria pesembahan dari sanggar nggepok,acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan pemukulan Gong oleh Rektor Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta yaitu bapak. Dr. Ir. Amir Hamzah,M.T. setelah acara resmi dibuka dilanjutkan dengan acara inti yaitu presentasi para finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja IV Informatika Nasional tingkat SMA/SMk/sederajat. Dengan 3 juri kebanggan yaitu Bpk Catur  Iswahyudi, S.T.,S.E.,M.Cs,MTA ada Ibu Erma Susanti ,S.Kom, M.Cs dan Bpk. Dr.  Edy Sutanta, S.T., M. Kom. Presentasi dan tanya jawab yang diikuti oleh para finalis yaitu  dari SMA Nuris Jember, SMK Ibrahimy 1 Sukerejo, SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Magelang, SMA Negeri 63 Jakarta, Madrasah Aliyah Roudlotul Muta’abbidin Lamongan, Madrasah Aliyah Negeeri Sidoarjo, SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo, SMA Negeri 15 Semarang.

Setelah presentasi di sesi pertama selesai para hadirin kembali di suguhkan hiburan dari sanggar nggepok himpunan mahasiswa cilacap yogyakarta dengan membawakan tarian Lengger Bendrong Kulon, Pertunjukan kesenian ini pada zaman dahulu dilakukan dalam semalem suntuk.Dalam Pertunjukannya terdapat kekuatan gaib yang merasuki tubuh penari, sehingga penari memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan penari lainnya.Kekuatan gaib itu dinamaka  Indang.Penari akan sanggup menari selama berjam-jam tanpa lelah.

Tepat pada pukul 14.00 WIB presentasi finalis dilanjutkan kembali yaitu dari Madrasah Aliyah Roudlotul Muta’abidin Lamongan, Madrasah Aliyah Nurul Ummah, SMK Negeri 3 Yogyakarta, SMA Muhamadiyah 1 Taman Sidoarjo, SMA Negeri 2 Yogyakarta, berakhirnya presentasi dari SMA Negeri 2 Yogyakarta maka berakhirlah sudah sesi kedua. Setelah rekap nilai dari juri sudah tersedia Pengumuman Juara dan Pembagian Hadiah pun diumumkan.

Dan waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba,pengumuman juara satu,juara dua dan juara tiga hingga juara harapan, peserta terfavorit dan poster terbaik. Juara satu di raih oleh SMA Negeri 63 Jakarta, juara dua diraih oleh MAN Sidoarjo, juara 3 diraih oleh Madrasah Aliyah Roudlotul Muta’abiddin Lamongan, dan juara harapan 1 diraih oleh SMK Negeri 3 Yogyakarta,juara harapan 2 diraih oleh  SMK Ibrahimy 1 Sukorejo, juara harapan 3 diraih oleh SMA Nuris Jember, serta juara poster terbaik diraih oleh SMA

Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo, juara peserta terfavorit diraih oleh Madrasah Aliyah Nurul Ummah.

Kegiatan lomba karya ilmiah remaja informatika nasional yg ke enam ini berlangsung dengan meriah dan penuh antusias dari siswa sma,smk sederajat di Indonesia, harapan kedepannya lomba karya ilmiah remaja informatika nasional ini bisa terus ber eksistensi sesuai dengan perkembangan zaman dan seiring berkembangnya teknologi.

adapun foto kegiatan dan pemenang lomba:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here