Selesai kunjungan pertama (baca cerita part 1) dari PT. PAL Indonesia (Persero) dilanjutkan kunjungan ke PT. Robert Bosch Surabaya (PT. BOSCH). PT. BOSCH yang ada di kota pahlawan Surabaya merupakan kantor cabang kelima. Kantor BOSCH tersebut menyediakan empat fasilitas utama terdiri dari Co-working space untuk digital native untuk bekerja, Incubation pod untuk area berbagi ide dan konsultasi dan sarana pembuatan konten, area inovation simulation lab untuk pengembangan dan pengujian, dan gamification zone untuk mengembangkan aplikasi augmented dan virtual reality. PT. Robert Bosch sendiri telah hadir di Indonesia sejak tahun 1919 dan menyediakan berbagai macam produk dan solusi teknologi seperti komponen, alat diagnostik dan peralatan otomotif, solusi hidrolik drive dan kontrol, teknologi pengemasan, peralatan rumah tangga, peralatan listrik, sistem keamanan dan solusi pemanasan.

Penjelasan dari mbak Kholifah tentang Profil dan Inovasi di PT . BOSCH
Mahasiswa mendengarkan penjelasan dari PT. BOSCH

Pada kesempatan studi ekskursi 2020 ini, mahasiswa prodi Informatika IST AKPRIND mengadakan kunjungan ke PT. Robert Bosch, branch Surabaya. Acara dibagi menjadi 2 sesi yaitu penjelasan melalui video conference dari BOSCH Center for Artficial Intelligence tentang Manufacturing Analysis Solution (MAS)  dan penjelasan oleh pihak Marketing PT. BOSCH, mbak Nur Kholifah mengenai BOSCH Experiental dan Inovation Center. Penjelasan tentang Artificial Intelligence di Bosch khususnya inovasi dan data serta inovasi masa depan dengan data dan AI dijelaskan secara detail mulai dari mobility solutions, industrial tecnology, energy & building technology, consumer goods sampai pada inovasi masa depan dengan data dan AI. Selain itu juga pada kesempatan tersebut juga secara  panjang lebar dijelaskan mengenai profil PT. BOSCH dan teknologi yang berhubungan dengan bidang Informatika yaitu teknologi IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence). Sebagai penyedia layanan dan teknologi global, PT. Bosch terus mengedukasi masyarakat tentang teknologi IoT untuk mendukung Indonesia menerapkan industri 4.0. PT. BOSCH mengajak mahasiswa untuk terus mengeksplor diri dan menemukan berbagai ide untuk dapat dikembangkan menjadi startup. Selain menghasilkan inovasi berbagai produk teknologi modern, PT. BOSCH juga menyediakan Co-working space gratis bagi siapa saja yang ingin belajar dan mengembangkan ide-ide menjadi startup.

Pemberian Kenang-kenangan dari Prodi Informatika kepada PT. BOSCH
Foto Bersama Peserta SE dengan Mbak Kholifah, Marketing PT. BOSCH

Baca juga cerita:

(1) Study Ekskursi Informatika 2020 Surabaya Bali (PT. PAL Indonesia) Part 1

(2) Kunjungan ke PT. Robert Bosch Surabaya Part 2

(3) Kunjungan ke PT. BOC dan Dilo Denpasar Part 3

(4) Kunjungan Wisata ke Pantai Pandawa, Pantai Dreamland, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Danau Beratan Bedugul, pusat oleh-oleh Cening Bagus dan pusat oleh-oleh Joger.

Referensi:

https://properti.kompas.com/read/2019/03/05/123000921/bosch-buka-kantor-dan-fasilitas-inovasi-di-surabaya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here