Dua mahasiswa Informatika Lolos Program Bangkit Academy 2022

Dua mahasiswa Informatika Lolos Program Bangkit Academy 2022

Rizal Saifulloh Fatah (191057005) dan Eko Nur Cahyo (191057021)

Dua mahasiswa Informatika , Rizal Saifulloh Fatah (191057005) dan Eko Nur Cahyo (191057021) lolos Program Bangkit Academy 2022 by Google, GoTo, Traveloka  pada skema Machine Learning Path. Pada Program Bangkit Academy 2022 hanya menerima 3000 peserta dari total tiga jalur belajar yaitu learning path, Android Developer, Machine Learning Developer dan Cloud Computing.

Erfanti  Fatkhiyah, ST, M.Cs  selaku Ketua Jurusan Informatika IST Akprind Yogyakarta memaparkan bahwa Program Bangkit Academy 2022 merupakan salah satu implementasi dari Program MBKM. Kegiatan Program Bangkit Academy 2022 dapat dikonversi ke dalam 20 sks matakuliah di Jurusan Informatika, IST Akprind Yogyakarta. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, mahasiswa dapat memperoleh materi yang lebih update karena disesuaikan dengan kebutuhan industry saat ini. 

 Saya mengikuti Program Bangkit Academy 2022 karena tertarik dengan materi yang disusun sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Saya mengambil jalur belajar machine learning Tensorflow. Dibangkit tidak hanya belajar tentang ilmu teknis tetapi juga terdapat materi softskill dan juga cara membangun startup sendiri. Metode belajar yang digunakan adalah self learning dengan platform Coursera dan Dicoding, dan disetiap minggunya akan diadakan pertemuan tatap muka imbuh Rizal.

Eko juga menjelaskan bahwa untuk menjadi salah satu dari peserta tentunya terdapat seleksi yang dilalui. Seleksi masuk jalur Machine Learning ada 2 test yang harus dikerjakan yaitu General assesment dan Learning-path assesment. Soal berbentuk pilihan ganda yang dikerjakan melalui platform dicoding. Isi soal yang diberikan pada general assesment meliputi pengetahuan dasar komputer, pemrograman dan matematika. Soal Learning path machine learning meliputi pemrograman dasar, matematika, kalkulus, himpunan, diagram venn, statistik, dan pembacaan grafik. Pelaksanaan Program Bangkit Academy 2022 dimulai 14 Februari  sampai dengan 29 Juli 2022. Pada skema Machine Learning Path akan mempelajari tentang Deep Learning.AI TensorFlow, Mathematics for Machine Learning, Logika Pemrograman, Google IT Automation with Python, Structuring Machine Learning, Belajar Git dan GitHub dan Bahasa Inggris. Peserta akan memperoleh sertifikat kompetensi di setiap kelas di dalam Learning Path Machine Learning Developer jika peserta berhasil lulus dari setiap ujian/penilaian yang diadakan untuk setiap kompetensi. Setelah mengikuti program ini, peserta juga dipersiapkan untuk mengikuti ujian sertifikasi global TensorFlow Developer Certification dari Google yang dapat diambil setelah mengikuti kegiatan Studi Independen ini.

Leave a Reply