Dosen Informatika latih Coding for Kids

Dosen Informatika latih Coding for Kids

Dosen Informatika latih Coding for Kids Membuat Game mudah dan menyenangkan

Di era yang serba “smartphone”, hampir semua orang dari anak-anak sampai orang dewasa sangat tergantung pada smartphone. Tanpa hari lepas dari smartphone. Persoalan yang muncul, bagaimana mengarahkan anak-anak dalam menggunakan smartphone hanya sekedar untuk bermain game. Berapa jam anak-anak dalam sehari menggunakan smartphone dan berapa¬† jam anak-anak bermain dengan teman sebaya nya tanpa menggunakan smartphone?. Pertanyaan itu menjadi keprihatinan, mungkin ada yang menjawab, anak-anak sekarang sudah mulai kehilangan makna bermain sebenarnya, anak-anak lebih asyik dengan smartphone nya. Melihat fenomena tersebut, Prodi Informatika – Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta bekerja sama dengan Pendidikan Anak Masjid Syuhada Yogyakarta (PAMS) menyelenggarakan pelatihan coding for Kids. Tujuan dari kegiatan ini adalah melihat sisi lain kegunaan teknologi informasi bagi anak-anak dengan membuat permainan game.

Dengan adanya koding for kids ini anak-anak mendapatkan pengetahuan bagaimana membuat permainan game yang mereka selama ini mainkan tetapi dengan koding ini justru mereka dapat membuat dan tentunya anak-anak mendapatkan pengetahuan bagaimana sebuah game berjalan dan dibuat. Pelatihan diselenggarakan secara online dan pada pertemuan terakhir tanggal 19 Maret 2022 diselenggarakan secara offline  di laboratorium Jaringan Komputer-prodi Informatika IST AKPRIND Yogyakarta, papar direktur PAMS Muksin Gole

Sementara instruktur coding for kids, Muhammad Sholeh yang merupakan dosen Informatika memaparkan, dengan adanya kegiatan ini, anak-anak dilatih bagaimana logika koding dengan menggunakan aplikasi yang mudah dipahami dan semua perintah tidak menggunakan “kata” tetapi menggunakan blok, aplikasi yang digunakan menggunakan aplikasi Scratch. Dengan Scratch, memahami koding menjadi kegiatan yang menyenangkan, semua perintah dalam membuat permainan dikemas dengan menyusun blok-blok perintah. Dalam pelatihan ini peserta dilatih membuat permainan sederhana mulai dari kucing yang berjalan, aquarium yang terdapat ikan yang dapat bergerak sampai permainan menangkap ikan dengan klik ikan yang bergerak, menangkap bola yang memantul, menambah score, bagaimana jika permainan menang atau kalah sampai membuat permainan maze, tambah Sholeh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *