
Dosen prodi Informatika IST AKPRIND,
Dampingi PPID kapanewon Mlati dalam kegiatan penulisan berita online
Sebagai kontribusi nyata dosen pada masyarakat, tim dosen prodi IST AKPRIND Yogyakarta yang terdiri dari Dr. Ir Amir Hamzah, MT, Uning Lestari ST,M.Kom dan Muhammad Sholeh ST, MT pada tanggal 21 Oktober 2021 memberikan pelatihan dan pendampingan penulisan berita online. Kegiatan tersebut diikuti 22 peserta yang merupakan perwakilan dari KIM (kelompok Informasi masyarakat), pengelola media sosial di masing-masing kalurahan dan dari perwakilan panakewon Mlati.

Dalam kegiatan tersebut, Muhammad Sholeh sebagai salah satu pemateri memaparkan strategi dan langkah-langkan dalam membuat berita. Dalam membuat berita dapat menerapkan 5W+1H yang terdiri dari who, why, where, what,when dan how. Dalam membuat konsep berita dapat menggunakan piramida terbalik dengan menitik beratkan inti berita pada paragraf pertama atau sering disebut teras kalimat.
Paparan lain yang disampaikan Sholeh juga menyampaikan, tidak semua informasi yang ada di sekitar dapat dijadikan sebagai berita. Hanya berita yang menarik dan ada nilai jual yang semestinya dibuat berita dan diposting di media online .

Sementara Dr. Ir. Amir Hamzah,MT memaparkan pentingnya penyebaran informasi di era keterbukaan informasi. Penggunaan media sosial dapat menjadi sarana publikasi suatu kegiatan yang diselenggarakan pada instansi.
Nara sumber lain Uning Lestari menyampaikan pentingnya menjaga privasi dalam menggunakan media sosial. Banyak kejahatan yang mengintai selama dalam menggunakan media sosial. Kejahatan di media sosial muncul tanpa disadari dan tiba-tiba menjadi korban.
Sementara salah satu peserta Wawan Hariawan. Menyampaikan, kegiatan pendampingan dan pelatihan menulis berita online memberikan manfaat dan mengetahui langkah-langkan dalam menuangkan informasi menjadi suatu berita dan akhirnya diposting di media online.
Dengan pelatihan ini, peserta juga mendapatkan materi mengenai strategi pentingnya hastag dalam membuat berita online serta, imbuh Wawan.